Monday, April 27, 2009

Larangan Makan dengan Tangan Kiri


Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah r.a. dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda, "Janganlah kalian makan dengan tangan kiri, karena syaitan makan dengan tangan kiri," (HR Muslim [2019]).

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Janganlah sekali-sekali salah seorang dari kamu makan dengan tangan kirinya dan jangan pula minum dengan tangan kiri. Karena syaitanlah yang makan dan minum dengan tangan kiri," (HR Muslim [2020]).

Diriwayatkan dari Salamah bin al-Akhwa' bahwa ada seorang laki-laki makan dengan tangan kirinya di hadapan Rasulullah saw. Rasul berkata kepadanya, "Makanlah dengan tangan kananmu!" Ia menjawab, "Aku tidak bisa!" Nabi terheran sambil berseru, "Tidak bisa?!" Dan tidak ada yang menghalanginya kecuali kesombongan. Perawi berkata, "Kontan saja laki-laki itu kemudian tidak mampu mengangkat tangannya ke mulutnya," (HR Muslim [2021]).

Kandungan Bab:

Haram hukumnya makan dengan tangan kiri. Karena hal itu adalah kebiasaan syaitan. Maka kita harus menyelisihinya dan tidak menirunya.

Ancaman dosa ini berlaku atas orang yang tidak punya udzur, seperti sakit atau terluka. Akan tetapi bila ada udzur maka tidak ada dosa atasnya. Hal ini secara jelas ditegaskan dalam hadits yang terkahir dalam bab terdahulu, wallahua'lam.

Sumber: Diadaptasi dari Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali, Al-Manaahisy Syar'iyyah fii Shahiihis Sunnah an-Nabawiyyah, atau Ensiklopedi Larangan menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah, terj. Abu Ihsan al-Atsari (Pustaka Imam Syafi'i, 2006), hlm. 3/99-100

2 comments:

as-sirr'ul asma said...

bismillahirrahmanirrahim..
assalamualaikum..

tangan kiri? saya kidal...
huuuu~
dah biasa guna sudu tangan kiri..
makan kalau guna tangan, of coz la kanan..hehe

aduuhai~ x reti la pulak nak guna kanan..nasib baik jam pakai sebelah kanan..
kalau menulis tangan kiri, macam mana ustaz?
orang kata, kalau tulis tangan kiri, umur dia pendek sikit. yakah? tapi, saya tak percayalah pulak..sebab cam pelik aje..

Ustaz Nazmi said...

Wsalam...

Makan sebolehnya menggunakan tangan kanan.. Bab menulis ni tak dak masalah..yang pendek umur tu pun jangan percaya..kita tidak tahu umur kita panjang mana.. jangan merungut kita kidal.. keistimewaan tu..

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin